Kecamatan: Lingkup Administratif yang Membawahi Desa dan Kelurahan


Pada tatanan birokrasi pemerintahan di Indonesia, tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah kecamatan, sebuah lingkup administratif yang menjadi ikon tersendiri bagi para penduduknya.

Kantor Kecamatan Tegal Barat | Sumber gambar

Definisi

Kecamatan merupakan pembagian wilayah administratif yang berada di bawah kabupaten atau pun kota. Dan pada prakteknya, kecamatan ini membawahi desa-desa atau kelurahan-kelurahan. Kecamatan sering disebut pula dengan istilah wilayah kerja camat, yang mana camat tersebut termasuk dalam perangkat daerah kabupaten atau kota sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2008.

Kedudukan

Kedudukan kecamatan yaitu sebagai pegawai daerah di kabupaten dan atau kota yang melaksanakan hal-hal teknis kewilayahan dengan cakupan wilayah kerja tertentu, pemimpinnya disebut camat. Pembentukan kecamatan adalah diberikannya status pada satu wilayah tertentu sebagai kecamatan di kabupaten dan atau kota. Penghapusan kecamatan ialah dicabutnya status sebagai kecamatan di suatu wilayah kabupaten dan atau kota. Penggabungan kecamatan merupakan penggabungan kecamatan yang akan dihapus dengan kecamatan lain yang dianggap lebih stabil dibanding dengan kecamatan yang akan dihapus tersebut.
Pada konteks otonomi daerah di pemerintahan Indonesia, kecamatan ini ialah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten dan atau Kota yang memiliki wilayah kerja tertentu dan dipimpin oleh seorang Camat yang telah ditetapkan oleh pemerintahan Kabupaten dan atau Kota. Di daerah Provinsi Aceh, tidak dikenal istilah kecamatan, namun yang digunakan ialah istilah "Sagoe Cut", sedangkan di wilayah provinsi Papua digunakan istilah pengganti yaitu "Distrik".

0 Response to "Kecamatan: Lingkup Administratif yang Membawahi Desa dan Kelurahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel